hover animation preload

Pilih Piston Baru Buat Bore UP
by Wisma Widhi in

Guna mendongkrak isi silinder, menaikkan performa motor Anda, paling gampang bore up atau ganti piston lebih besar. Namun kendalanya tidak langsung pas di motor karena mempunyai dimensi yang berbeda. Terutama paling penting ukuran pin piston. Kita ambil contoh Honda Tiger yang mempunyai diameter yang cukup besar dengan pin piston 15 mm. Tidak akan pas bila dipasang di motor bebek Honda atau Kawasaki yang mempunyai pin piston hanya 13 mm. Otomatis tidak akan pas lantaran lubang atas setang piston bebek cukup kecil. Untuk mengakalinya bisa dibuatkan bosh.
Nah, kini semua masalah bisa dihadapi karena sudah tersedia piston bore up dengan ukuran pin piston yang beragam.

IZUMI COBA MENGERTI
Group Astra yang lumayan mengerti riset lokal tentu piston Izumi. Lebih tepatnya PT Federal Izumi Manufacturing (FIM). Risetnya bareng road race dan drag bike. Bahkan sampai arena balap liar pun diikuti. Alasannya karena kekuatan komponen diuji di sini. Paling terakhir piston ukuran 56, 56,5 dan 57 mm dengan pin piston 13 mm. Juga piston 57, 57,5 dan 58 mm dengan pin piston 14 mm. Pin piston 13 mm cocok untuk bore up motor bebek Honda, Kawasaki, Yamaha. Sedang pin piston 14 mm pas untuk solusi motor bebek Suzuki yang sebelumnya susah dicarikan piston padanannya untuk aksi bore up. Sebelumnya, pihak FIM juga sudah bikin piston 63,5 mm yang setara diameter piston Honda Tiger. Namun ukuran pin piston 13 mm, yang cocok diaplikasikan untuk motor bebek Yamaha, Honda dan Kawasaki. Untuk keperluan balap, PT FIM juga telah membuat beberapa varian piston. Diantaranya: untuk Jupiter-z, pin piston 13 mm dengan diameter 52 mm. Kapasitas isi silinder Jupiter-z naik menjadi 115 cc. Juga tersedia ukuran 54,4 mm, 54,5 mm dan 55 mm untuk Jupiter-z agar isi silinder naik menjadi 125 dan 130 cc. Smash atau Shogun 125 pin piston 14 mm. Tersedia ukuran 54,45 mm dan 54,75 mm. Sedang untuk Karisma, pin piston 13 mm dengan diameter 53,4 mm dan Supra 54,4 mm. Dan untuk Kawasaki, boleh mengaplikasi punya Honda atau Yamaha.

BUATAN LUAR JUGA LENGKAP
Yang paling mengerti kebutuhan modifikasi sudah tentu komponen dari Thailand. Terutama piston buatan Hi Speed yang diimpor langsung oleh Mitra2000 atau Miekeel dari MC Racing. Berikut daftar piston yang tersedia:
  1. Seher pin 13 mm cocok buat Yamaha, Honda, Kawasaki. Tersedia ukuran diameter 54 mm sampai 65,5 mm.
  2. Seher pin 15 mm cocok buat Nuovo, Mio atau Tiger. Diameter piston dari 58,5 mm sampai 74 mm.
  3. Seher pin 14 mm cocok buat motor bebek Suzuki atau Jupiter MX. Dengan diameter mulai dari 58,5 mm sampai dengan 65,5 mm.

3 comments:

AreZ LFC said...

ada gak yang ukuran pin piston 16 mm dan lebar 74 buat scorpio..?

exxo said...

nah bos,kalo nyari yang ukuran 74 itu di mana dan berapa harganya??
thank's

Wisma Widhi said...

AREZ LFC: untuk lebar diameter 74 mm, cukup dipadukan dengan pin piston 16 mm bos..

exxo: posisi dimana ni bos,.??

Post a Comment