hover animation preload

Segala Penyebab Lampu Motor Redup
by Wisma Widhi in

Setelah sekian lama dipakai, bohlam lampu utama beberapa tipe merek motor kerap mengalami penurunan kualitas cahaya. Dari yang biasanya terang, berubah menjadi redup. Apalagi jika lampu utama dipakai dalam tempo cukup lama.
Tampaknya direspon beberapa mekanik yang pernah menemui dan mengatasi persoalan lampu redup. Permasalan biasanya ditemui di motor Yamaha, biasanya lampu redup sering dipengaruhi kualitas komponen di dalam kiprok sudah lemah. Terutama bila sudah lama dipakai dan memang belum pernah ganti kiprok. Begitu diganti dengan produk asli atau KW2 akan kelihatan perbedaannya, nyala lampu kembali terang.
Selain kiprok, gulungan sepul bisa juga jadi penyebab lampu redup. Gulungan sepul yang sudah lama dipakai biasanya bikin lapisan pelindung kawat email  bagian luar mengeras dan retak. Makanya ketika sepul panas, terjadi konslet di sekitar kawat yang luka dan menyebabkan tegangan menurun.



Namun sebelum mengklaim kiprok dan gulungan sepul rusak, ada baiknya pastikan kualitas bohlam yang dipakai terjamin kualitasnya. Sebab penggunaan bohlam imitasi juga dapat mengakibatkan nyala lampu menjadi redup.Biasanya bohlam lampu imitasi tidak tahan panas. Kelamaan nyala, dua kawat di dalam bohlam menjadi nyambung dan menyebabkan arus listrik terbagi. Makanya lampu menjadi tampak pucat.

Dan yang tidak kalah penting, disarankan agar selalu menjaga kecerahan dan kebersihan kaca batok lampu dan reflektor. Sebab kalau dibiarkan kotor, cahaya yang dipantulkan pun akan ikut meredup. (/dhi)

0 comments:

Post a Comment