hover animation preload

Merawat Aki Kendaraan
by Wisma Widhi in

tips merawat aki pada kendaraan

car_tips134_3Aki merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan kita,oleh karena itu agar terhindar dari kerusakan pada aki yang yang dapat mengakibatkan kendaraan menjadi sulit untuk di starter,alangkah lebih baik kita selalu memeriksa kondisi aki kendaraan secara rutin.karena kita perlu ketahui,jika daya tahan dan kekuatan aki sangat di pengaruhi perawatanya.
Dengan perawatan yang baik dan tepat.masa pakai akipun dapat lebih dari satu tahun.setidaknya anda harus mengikuti langkah-langkah perawatan aki berikut ini:
1.Pantau kuantitas maupun kualitas air aki.mestinya air aki selalu terjaga di antara garis low level dan upper level yang biasa tertera pada kotak aki.jika air aki sudah mendekati garis low level segera tambahkan.karena,air aki berfungsi untuk mendinginkan sel-sel aki.jika air aki berkurang dan tidak segera di tambah,sel-sel di dalam aki bisa berubah bentuk (melengkung,harusnya sel-sel ini sejajar dan tegak lurus).lengkungan sel-sel ini bisa membuat flat positif dan flat negatif bersentuhan,yang akhirnya memicu konsleting.konsleting inilah yang membuat aki tidak mampu menyimpan setrum.
2.Periksa terminal-trminal pada aki.Cek apakah terjadi korosi atau tidak.Korosi dapat di bersihkan dengan menyiramkan air panas pada terminal-terminalnya.lihat juga kabel-kabel positif dan negatif,mungkin kendor atau longgar.korosi dan kabel yang kendor membuat daya hantar arus listrik dari aki ke kendaran atau sebaliknya menjadi lemah.sehingga,arus yang mengalir ke motor starter kecil dan tidak cukup kuat untuk memutar mesin atau arus yang masuk dari kendaran ke aki juga menjadi kurang yang menimbulkan aki menjadi soak atao kurang setrum.beri gemuk atau grease pada terminal-terminal untuk mencegah korosi.
3.ketika selessai berkendara,matikan dulu semua komponen kelistrikan sebelum mematikan mesin,agar pada saat di hidupkan kembali beban  aki fokus ke sistem starter.
4.kemudian,jika mobil tidak di gunakan dalam waktu yang lama,copot terminal negatif agar setrum di aki tidak terus tersedot.
5.jka menambah air aki,jangan gunakan air mineral atau air ledeng.pastikan hanya menggunakan air suling yang tidak mengandung unsur logam.
6.Guna mencegah aki mobil over charge atau under charge.pastikan pengisisan dari mobil anda dalam kondisi baik.
7.Jangan menguras cairan elektrolit atau air aki jika daya kerja aki mulai menurun cukup di setrum saja.
8.Sediakan selalu kabel jumper di mobil anda,untuk berjaga-jaga jika mobil anda tidak bisa di starter karena akinya drop.
9.Jangan menambah aksesori melebihi kapasitas altenator mobil anda karena berakibat aki menjadi tekor.
10.jika mobilanda si lengkapi dengan sistem komputerisasi,dan lama tidak di operasikan,maka biarkan kabel aki tetap terpasang.karena jika kabel aki di lepas,akan menggangu sistim komputerisasi yang ada.

source: djoki 3in1

0 comments:

Post a Comment